Minggu, 16 Maret 2014

Membuat Sabun Alami / Herbal (1)

Assalamualaikum, sekarang saya akan sharing tentang pengalaman saya membuat sabun alami sendiri di rumah. Untuk percobaan yang pertama ini saya memang masih gagal, tapi nggak papa deh. Yang penting saya bisa berbagi 'kegagalan' ini supaya yang lain tidak ikut-ikutan. Hehehe...

sabun herbal alami

Bahan-bahan yang saya gunakan antara lain:
  1. Minyak Sawit
  2. Minyak Kelapa
  3. Minyak Zaitun
Total berat minyak adalah 750 gram. Maaf ya, saya lupa berat masing-masing minyak dalam resep ini, karena hasilnya gagal ya jadi tidak saya catat.

Bahan lain yang sangat penting adalah larutan lye. Karena saya ingin membuat sabun padat, saya menggunakan soda api/ NaOH yang saya larutkan dalam air dengan konsentrasi 30% (30% NaOH dan 70% Air). Air yang digunakan sebaiknya adalah Aquades atau air suling. Jangan gunakan air tanah atau air PAM.

Selain bahan-bahan diatas, saya menggunakan bahan tambahan berupa madu dan jus pepaya yang dihaluskan tanpa tambahan air.

Nah, yang menjadi faktor kegagalan percobaan pertama ini adalah persentase lye yang saya gunakan kurang jauh dari yang seharusnya. Untuk mengetahui berapa gram lye yang seharusnya digunakan dalam resep kita, sebaiknya kita menggunakan kalkulator sabun atau kalkulator lye. Bagi yang belum tahu caranya, nanti akan saya bahas pada artikel lain.

Akibatnya tidak semua minyak dapat mengalami proses saponifikasi dan berubah menjadi sabun. Hal ini menjadikan sabun tidak bisa mengeras, sangat berminyak, dan baunya tidak sedap sehingga tidak dapat digunakan. Sayang sekali :(

Oiya, untuk bagaimana cara membuat sabun nanti akan saya share pada artikel selanjutnya ya karena yang ini kan gagal. Hiks..
Title: Membuat Sabun Alami / Herbal (1); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar