Senin, 24 Maret 2014

Jenis Sabun yang Cocok untuk Mengatasi Kulit Kering

Hai soaplovers....

Hari ini saya akan berbagi sedikit info tentang sabun yang cocok untuk mengatasi kulit kering. Yuk disimak. 

Bagi sebagian orang, kulit kering sering menjadi masalah yang membuat rasa tidak nyaman dan membuat tidak percaya diri. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengatasinya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan pelembab. Akan tetapi, kita juga harus selektif dalam memilih sabun yang cocok untuk jenis kulit kita. Sabun-sabun tertentu dibuat dari bahan yang secara alami dapat melembabkan. Berikut beberapa bahan alami yang cocok untuk mengatasi kulit kering diantaranya.

mengatasi kulit kering


1. Minyak Zaitun
Beberapa jenis sabun alami menggunakan bahan dasar minyak zaitun. Memang tidak mungkin minyak zaitun digunakan sebagai satu-satunya bahan dasar, biasanya akan selalu ada minyak jenis lain sebagai kombinasi untuk menghasilkan kualitas sabun alami yang baik. Beberapa produk sabun lainnya tidak menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar, tetapi menambahkannya sebagai bahan aditif dalam sabun. Minyak zaitun dikenal menghasilkan sabun yang sangat lembut dan melembabkan.

2. Oatmeal
Oatmeal sangat efektif untuk melembabkan kulit yang kering. Oatmeal berasal dari tumbuhan oat atau disebut juga haver. Haver mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, dan B9. Vitamin B dikenal dapat mencegah proses penuaan dini yang sangat baik bagi kulit. Beberapa sabun herbal alami menggunakan bahan tambahan oatmeal untuk menambahn manfaat sabun sebagai pelembab walaupun penggunaannya masih jarang.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami yang sering ditambahkan dalam sampo rambut. Walaupun begitu ada juga sabun yang menggunakan bahan aditif lidah buaya. Lidah buaya dikenal lembut dan melembabkan.

4. Madu
Madu menurut saya pribadi adalah makanan alami terbaik di bumi. Semua hal baik terkandung di dalamnya dan belum saya temui efek buruk dari mengonsumsi madu bahkan bagi penderita diabetes sekalipun. Baik untuk badan begitu pula baik untuk kulit. Madu bersifat humektan atau menarik air. Kulit yang dirawat dengan madu akan mudah menangkap air dari udara dan ditahan dalam kulit sehingga kulit menjadi senantiasa lembab. Saya kira sudah banyak sabun mandi yang menggunakan madu sebagai bahan aditifnya.

5. Coklat
Tidak hanya lezat untuk dimakan, coklat juga dipercaya memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Tidak hanya melembabkan, coklat juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mencegah kerutan pada kulit. Sayangnya masih sangat sulit menemukan sabun dengan bahan aditif coklat di Indonesia.

6. Kopi
Bubuk yang didapat dari biji kopi yang dihaluskan juga dipercaya dapat melembabkan kulit. Kopi mengandung kafein yang tinggi yang berfungsi sebagai vasorestrictor bagi kulit. Artinya kopi dapat mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat melembutkan kulit dan mencegah varises.

Dari bahan-bahan alami yang saya share di atas sepertinya beberapa diantaranya masih jarang ditemui di Indonesia sebagai bahan aditif pada sabun. Walaupun begitu jika Anda memang menginginkan kulit lembab Anda dapat membuat sabun sendiri dengan bahan tambahan yang sesuai. Jika tidak ingin repot, Anda bisa memilih sabun dengan bahan tambahan yang mudah ditemui.

Buat soaplovers yang tau ada bahan alami lain yang sangat bermanfaat untuk melembabkan boleh komentar di bawah. :)
Title: Jenis Sabun yang Cocok untuk Mengatasi Kulit Kering; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar