Selasa, 18 Maret 2014

Berbagai Manfaat Sabun

Sehari-hari kita pasti akan menggunakan benda yang satu ini, sabun. Sabun memiliki segudang manfaat bagi manusia. Sehingga tidak heran kalau produk sabun juga melimpah di toko-toko atau pasar. Salah satu jenis sabun yang selalu digunakan setiap hari adalah sabun mandi. Manfaatnya memang sudah jelas sih untuk membersihkan badan, tapi yang akan saya bahas adalah berbagai macam pemanfaatan sabun mandi dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, para soaplovers kita simak apa saja manfaat sabun mandi ini.

Sabun Mandi Padat


1. Membersihkan Badan
Kalau fungsi yang ini sih sudah jelas ya bahwa sabun memiliki sifat suka minyak dan suka air. Badan kita setelah seharian beraktifitas pasti akan mulai berminyak dan sabun akan secara efektif membersihkannya. Walau begitu, kita harus membasahi badan dengan air dahulu. Mengapa? ya seperti yang saya bilang tadi. Sabun itu suka minyak dan suka air. Kalau hanya bertemu minyak tanpa air, sabun tidak dapat bekerja dengan efektif.

2. Mempercantik Kulit
Para wanita biasa memilih sabun tidak hanya untuk membersihkan badan. Biasanya sabun yang dipilih memiliki manfaat ganda. Selain untuk membersihkan badan juga untuk mempercantik kulit. Beberapa sabun mandi apalagi sabun muka diperkaya dengan kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan tersebut dapat berupa pencerah, anti jerawat, pemulus, anti keriput, pelembab, dll. Kandungan-kandungan tadi bisa berasal dari zat yang alami atau juga tidak. Tentunya terserah bagi Anda untuk memilih yang terbaik bagi Anda.

3. Mencegah Infeksi pada Kulit
Beberapa sabun diperkaya dengan kandungan anti bakteri atau antiseptik. Kandungan ini berguna untuk membunuh bakteri atau jamur yang sempat menempel pada kulit. Jika terdapat luka kecil pada kulit dan Anda tidak segera membersihkannya, bisa saja akan terjadi infeksi. Walaupun begitu, sabun sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang terluka.

4. Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap
Bau badan secara umum muncul dari kulit yang bersifat asam setelah banyak beraktifitas, sedangkan sabun bersifat basa. Sabun akan menetralkan suasana kulit untuk sementara dan mengusir bau tak sedap dari badan Anda. Akan tetapi yang harus diingat adalah hilangnya bau badan Anda hanya sementara sehingga mandi secara rutin sangat diperlukan. Beberapa sabun bahkan juga mengandung deodorant yang efektif mengusir bau.

5. Mengusir Stres atau Kepenatan
Beberapa jenis sabun diberi kandungan minyak atsiri didalamnya. Ada jenis-jenis minyak atsiri yang baunya dapat merelaksasi pikiran Anda ketika mandi. Saya sendiri sudah mencoba sabun dengan bau lavender yang memang membuat saya semakin rileks ketika mencium wanginya.

6. Sebagai Hadiah atau Souvenir
Memang agak janggal ya kedengarannya. Yang jelas sabun sebagai hadiah bukanlah sabun yang biasa dijual di pasaran melainkan sabun yang 'tidak pasaran'. Sabun yang tidak pasaran yang saya maksud adalah sabun handmade alami. Sabun yang diproduksi dengan teknologi sederhana dalam jumlah sedikit atau bahkan sesuai pesanan saja. Biasanya sabun handmade ini dibuat dari bahan alami. Yang mulai populer saat ini adalah menjadikan sabun mandi padat alami sebagai souvenir pada pesta pernikahan atau acara-acara kenduri lainnya. Sabun dipotong dalam ukuran mini hingga terkesan imut dan lucu serta dibungkus dengan kertas bertuliskan nama kedua mempelai. So Sweet.....

Bagi yang kepengen sabun untuk souvenir pesta pernikahan atau kenduri lainnya bisa hubungi saya. Komentar di sini ya.

Title: Berbagai Manfaat Sabun; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 komentar: